Beranda > Berita

Pemusnahan Ribuan Produk Oakley Palsu


Pihak kepolisian dari Polres Metro Tangerang memusnahkanberbagai produk palsu yang menggunakan merek Oakley pada hari Senin, tanggal 8 Juni 2009. Oakley - yangmerupakan salah satu anggota MasyarakatIndonesia Anti Pemalsuan (MIAP) - menderita potensi kerugian materil danimmateril atas pemalsuan berbagai produknya tersebut yang mencakup berbagaiproduk pakaian jadi, tas, kaca mata, hingga jam tangan dengan total mencapailebih dari 3000 item.

Keberhasilan pembongkaran kasus pemalsuan oleh pihak UnitEkonomi, Satuan Reskrim, Polres Metro Tangerang pada awal Februari lalumerupakan hasil tindak lanjut atas laporan dari pihak Oakley, Inc. Menanggapiterbongkarnya kasus tersebut, SekretarisJenderal Masyarakat Indonesia Anti Pemalsuan (MIAP), Justisiari P. Kusumahmenyatakan,"Upaya tindakan hukum yang dilakukan oleh Oakley adalah wujud darikomitmen Oakley dalam melindungi para konsumennya agar tidak terkelabui denganmembeli barang-barang palsu disamping upaya aktif Oakley untuk melindungimereknya di Indonesia. Kegiatan ini pula yang MIAP dukung untuk dilakukan olehpara anggotanya sebagai bagian dari kegiatan, edukasi, proteksi dan litigasidalam kaitannya dengan perlindungan merek para anggotanya, yang mana salahsatunya adalah Oakley" " Adapun barang - barang yang berhasil disitaoleh pihak kepolisian dari berbagai pengedar Oakley palsu di wilayah Tangerangtersebut berupa:

 

Produk

Jumlah (piece)

Frame Kacamata

649

Kacamata Hitam

298

Karton Kacamata

700

Box Kacamata

535

Kartu Garansi

500

Tas/Backpack

42

Topi

25

Baju

148

Hanger/Gantungan

25

Jam

21

Dompet

122

Total item

3,065

 

Pemusnahan barang - barang bukti tersebut juga turut disaksikanoleh Sales Manager Distributor TunggalOakley di Indonesia PT. Bali Bijaksana, Ricky M Safir. Ricky menyatakan,"Kerugianpihak Oakley yang timbul dari beredarnya barang palsu tidak hanya secara materiil,namun juga kerugian immateriil dalam hal citra merek." Sementara, MIAPmenyatakan bahwa pihaknya menghargai upaya - upaya yang telah dilakukan olehinstansi berwenang terhadap peredaran berbagai barang palsu; sebagaimana yangdiungkapkan Justi Kusumah,"MIAPsiap bekerja sama dengan instansi yang terkait, karena masalah pemalsuan bukanhanya menimbulkan kerugian bagi pihak produsen dan konsumen, namun jugaberdampak negatif pada pengurangan penerimaan negara."

Jakarta, 8 Juni 2009

Kontak:

·         Sdr. Rizky Megantoro (MIAP Communication Officer) - 021 7268564 / 0813 17016161

·         Sdr. Justisiari P. Kusumah (MIAP Sekretaris Jenderal) - 081182 0320

·         Sdr. Ricky M. Safir S (MIAP boad member and OAKLEY SalesManager) - 081111-876